ANALISIS
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SISTEM KUIS ON-LINE TERHADAP EVALUASI PEMBELAJARAN
MAHASISWA FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR MAKASSAR
Oleh
:
Nim : 12.1401.107
Kelas : CK-12
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS
INDONESIA TIMUR
MAKASSAR
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur penyusun panjatkan ke
hadirat Allah SWT. Karena berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan proposal
yang berjudul “Analisis Efektivitas
Penggunaan Sistem Kuis On-Line Terhadap Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar”. Proposal ini
diajukan guna memenuhi tugas mata kulia Riset dan Teknologi Informasi.
Saya mengucapkan terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu sehingga proposal ini dapat diselesaikan tepat
pada waktunya. Proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu, kritik
dan saran yang bersifat membangun sangat saya harapkan demi sempurnanya proposal
ini. Semoga proposal ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat
untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR............................................................................................. i
DAFTAR
ISI............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang................................................................................................. 1
1.2 Rumusan
Masalah.......................................................................................... 2
1.3 Tujuan
Penelitian............................................................................................ 3
1.4 Manfaat
Penelitian.......................................................................................... 3
BAB II Landasan Teori
2.1 Efektivitas.......................................................................................................... 4
2.2 Sistem................................................................................................................ 4
2.3 Karakteristik
Sistem.......................................................................................... 5
BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Tempat
dan Waktu Penelitian........................................................................ 7
3.2 Bahan
dan Alat................................................................................................. 8
3.3 Metode
Penelitian............................................................................................ 8
3.4 Teknik
Pengumpulan Data............................................................................. 8
DAFTAR
PUSTAKA.............................................................................................. 9
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar BelakangInformasi adalah salah satu kunci pada jaman ini. Semua kegiatan kita memerlukan informasi dan dituntut untuk menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang paling tepat. Penggunaan komputer pada berbagai bidang, kalangan dan usia selalu kita jumpai. Tuntutan kebutuhan akan informasi dan penggunaan computer yang semakin banyak mendorong terbentuknya sebuah jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleknya informasi yang harus dan yang dapat diolah, sehingga kebutuhan penggunaan beberapa jaringan komputer bersama-sama semakin diperlukan. Penggunaan jaringan secara bersama-sama ini, tumbuh membentuk jaringan komputer yang amat besar yang tersebar di seluruh bagian di muka bumi ini. Jaringan komputer seperti ini kita kenal dengan nama internet.Penggunaan teknologi informasi untuk setiap tes atau ujian kegiatan yang terkait dikenal sebagai tes online. Strategi semacam ini pengujian dapat digunakan untuk menguji pengetahuan praktis, keterampilan pribadi antar, kecerdasan, keterampilan logis atas sistem komputer dengan waktu yang fleksibel. Dalam situasi tertentu, sesi uji diambil secara online secara real time tetapi transfer data sebelum dan setelah sesi tes ditransfer melalui internet.Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar, memanfaatkan internet sebagai media untuk melaksanakan kuis. Kuis sendiri merupakan salah satu kegiatan pelaksanaan dalam proses pembelajaran setelah membahas beberapa materi dalam beberapa pertemuan untuk mengevaluasi seberapa jauh para mahasiswa memahami atau mengetahui materi yang telah dibahas sebelumnya. Keberhasilan kuis tidak cukup dilihat dari segi keberhasilan para mahasiswa dalam memperoleh nilai yang baik serta mutu para mahasiswa itu sendiri, tetapi juga dilihat dari segi teknis pelaksanaan kuis.1.2 Rumusan MasalahBerdasarkan latar belakang yang dikemukakan, rumusan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :1. Sejauh mana efektifitas penggunaan system kuis online terhadap evaluasi pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar.2. Bagaimana pengaruh penggunaan sistem kuis online terhadap indeks prestasi mahasiswa.1.3 Tujuan PenelitianUntuk mengetahui seberapa besar tingkat efektifitas penggunaan sistem kuis online terhadap evaluasi pembelajaran mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar, dan mengetahui pengaruh penggunaan sistem kuis online terhadap indeks prestasi mahasiswa.1.4 Manfaat Penelitian1.4.1 Bagi MahasiswaUntuk meningkatkan persaingan dalam bidang teknologi informasi (update), serta mempermudah pelaksanaan kuis.1.4.2 Bagi DosenUntuk mempermudah pemeriksaan hasil evaluasi belajar mahasiswa dan meningkatkan efisiensi kerja.BAB IILANDASAN TEORI2.1 EfektivitasEfektivitas berasal dari bahasa inggris yaitu Effectiveyang berarti berhasil, tepat atau manjur. Efektivitas menunjukan taraf tercapainya suatu tujuan, suatu usaha dikatakan efektif jika usaha itu mencapai tujuannya.Di dalam KBBI, efektivitas berasal dari kata efektif yang berarti mempunyai efektif, pengaruh atau akibat, atau efektif juga dapat diartikan dengan memberikan hasil yang memuaskan. Efektivitas adalah pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.2.2 Sistem2.2.1 Definisi1. Menurut EtimologiSesuai dengan buku “Webster’s New Collegiate Dictionary” kata sistem itu sendiri terdiri dari kata “Syn” dan kata “Histanat” yang berasal dari bahasa Greek (Yunani) yang berarti “to place together”atau menempatkan bersama.
2. Menurut Alexander Mc Queen csSystem is plane or schema according to witching are connected as whole.(sistem adalah suatu rencana atau skema pola-pola/konsepsi-konsepsi suatu subjek yang dihubungkan secara keseluruhan).3. Menurut Drs M.A. MakkassauSistem adalah totalitas yang efisien dan efektif, terdiri dari bagian-bagian yang berstruktur dan berinteraksi secara teratur, kualitas dan saling berhubungan satu sama lain di dalam wadah (transformasi/ konversi) yang dipengaruhi oleh aspek-aspek lingkungan guna mencapai tujuan.2.2.2 Karakteristik SistemSuatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu mempunyai :1. Komponen (Component)Terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi dan bekerjasama membentuk suatu kesatuan.2. Batas Sistem (Boundary)Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.3. Lingkungan Luar SistemAdalah apapun diluar batas dari sistem yang dapat mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar dapat bersifat menguntungkan ataupun merugikan.4. Penghubung (Interface)Merupakan media penghubung antar subsistem yang memungkinkan sumber daya mengalir dari suatu subsistem lainnya.5. Masukan (Input)Adalah energi yang dimasukkan kedalam suatu sistem yang dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input).6. Keluaran (Output)Adalah hasil energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dari sisa pembuangan.7. Pengolah (Process)Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan mengubah masukan menjadi keluaran.8. Sasaran (Objectivies) atau Tujuan (Goal)Tujuan sistem sangat menentukan bagi masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.BAB IIIMETODOLOGI PENELITIAN3.1 Tempat dan Waktu PenelitianPenelitian akan dilakukan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar pada rentang waktu antara bulan oktober sampai bulan desember. Berikut table waktu dan kegiatan penelitian yang dilakukan saat penelitian.Tabel.1 Waktu dan Kegiatan Penelitian
Kegiatan Penelitian Oktober November Desember 1.
üKunjungan
ü
2. Mengambil Data- Wawancara
ü
ü 3.2 Bahan dan AlatBahan yang akan digunakan pada penelitian ini antara lain :1. Laptop,2. Akses untuk internet dan3. Aplikasi pendukung berupa browser. Contoh : Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Crome ,dll.3.3 Metode PenelitianDalam penyusunan proposal penelitian ini, penulis memulainya dengan mengumpulkan data maupun bahan yang diperlukan dengan melihat langsung fakta di lapangan sebenarnya yang berhubungan dengan penulisan. Kemudian menjabarkannya pada proposal penelitian ini dari awal hingga akhir penulisan proposal.3.4 Teknik Pengumpulan DataSesuai dengan tujuan penelitian dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, maka jenis instrument yang relevan untuk digunakan adalah wawancara. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap sasaran yaitu mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia Timur Makassar kelas CK-12 (RPL).DAFTRA PUSTAKAAli, A. Hasyim, Drs. 1995. Efektivitas. PT Bumi Aksara. Jakarta.Arthesa, Ade, Ir, MM dan Handiman, Edia, Ir. 2006. Sistem Informasi. PT Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.Kasmir. 2004. Karakteristik Sistem. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.Kuncoro, Mudrajad dan Suhaedjono. 2002. Definisi Sistem. BPFE. Yogyakarta.Sinungan, Muchdarsyah, Drs. 1993. Definisi Sistem Informasi. ANDI. Jakarta.Taswan, ST. 1997. Definisi Sistem Menurut Para Ahli . ANDI. Jakarta.







Casino games by the state - DrMCD
BalasHapusThe following table shows all current and historic 창원 출장안마 casino games. 수원 출장마사지 · The most popular 세종특별자치 출장안마 is the “Biggest Win” and “Biggest Winnings” games. · These are 안성 출장안마 all new casinos with 영주 출장샵 their current